Senin, 07 Juli 2014

MANUSIA, SAINS, DAN TEKNOLOGI

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna keadaannya. Selain bentuk atau rupa yang paling baik dan sempurna, ia masih juga dibekali kemampuan akalnya. Ilmu pengetahuan (sains) dan teknologi bisa disingkat IPTEK adalah salah satu contoh dari hasil olah pikiran atau akal manusia yang kemudian disebut dengan kebudayaan. Selanjutnya, sejalan dengan perkembangan umat manusia itu sendiri berbagai macam hasil-hasil kebudayaan manusia ini terus berkembang hingga kini. IPTEK sebagai salah satu hasil dari kebudayaan manusia itu juga terus berkembang, terlebih lagi pada era sekarang ini, dimana IPTEK telah mencapai tahapan perkembangan yang sangat spektakuler.
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.
Berikut akan dijelaskan lebih mendalam hubungan antara manusia, sains, dan teknologi dalam kehidupan manusia beserta dampak yang ditimbulkan baik positif ataupun negatif.

B.     Rumusan Masalah
1.      Manusi, Sains, dan Teknologi
2.      Manusia Sebagai Subjek dan Objek
3.      Perkembangan IPTEK dalam pembanguan dan Lingkungan
4.      Penyalahgunaan IPTEK, perkembangan IPTEK, dan eksploitasi negara-negara berkembang.
C.     Tujuan
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara manusia, sains, dan teknologi serta pengaruh baik atau buruknya perkembangan sains dan teknologi bagi manusia.
D.    Manfaat
1.      Untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai manusia, sains, dan teknologi.
2.      Dapat mengetahui pengaruh sains dan teknologi bagi kehidupan manusia.
3.      Dapat menerapkan kemajuan sains dan teknologi secara baik, sehingga dapat menjaga kelestarian budaya bangsa.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Manusia, Sains, dan Teknologi
Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna dibandingkan makhluk ciptaan-Nya yang lain. Dikatakan sempurna karena manusia dibekali akal sekaligus nafsu. Meskipun manusia mempunyai nafsu tetapi yang paling berperan adalah akal. Akal ini bertujuan untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, akal juga sebagai alat untuk berpikir, berhitung, dan bereaksi sehingga kerja sama anatara keduanya sangat diperlukan dalam kehidupan manusia.
Sains secara umum dapat diartikan ilmu yang teratur (sistematik) yang dapat diuji atau dibuktikan kebenarannya, berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata (misalnya : fisika, kimia, biologi). Sains juga diartikan sebagai suatu cabang ilmu yang mengkaji sekumpulan pernyataan atau fakta-fakta dengan cara sistematik dan serasi dengan hukum-hukum umum dilandasi peradaban dunia modern. Sains merupakan suatu proses untuk mencari dan menemukan suatu kebenaran melalui pengetahuan (ilmu) dengan memahami hakikat makhluk.
Teknologi dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuan, dalam pengertian bahwa penerapan itu menuju pada perbuatan atau perwujudan sesuatu. Demikianlah teknologi adalah segenap keterampilan manusia menggunakan sumber-sumber daya alam untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan. Secara lebih umum dapatlah bahwa teknologi merupakan suatu sistem penggunanaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan-tujuan praktis yang ditentukan.
Pengertian teknologi secara umum adalah:
-          Proses yang meningkatkan nilai tambah
-          Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja
-          Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan

B.     Manusia sebagai Subyek dan Obyek IPTEK
Manusia sebagai subjek selalu melakukan penelitian dan percobaan dalam bidang sains dan menggunakan teknlogi yang maju untuk memperoleh penemuan-penemuan baru untuk mengubah dunia, sedangkan manusia sebagai objek mudah tergiur dengan hal-hal baru tersebut dengan minat yang tinggi menggunakan penemuan-penemuan baru tersebut sehingga mempermudah proses pengubahan dunia.
Berkat kemajuan ilmu dan teknologi manusia dapat menciptakan alat-alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan, sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia bebagai kemudahan. Hal ini memungkinkan manusia dapat melakukan kegiatan lebih efektif dan efisien. Dengan ilmu dan teknologi tumbuhlah berbagai industri yang hasilnya dapat memanfaatkan dalam berbagai bidang, antara lain:
1.      Dalam Bidang Pertanian, Peternakan, dan Perikanan
·         Mampu menciptakan alat pertanian yang maju seperti, traktor, alat pemotong, dan penanam, alat pengolah hasil pertanian, dan alat penyemprot hama. Dengan alat-alat tersebut diharapkan manusia dapat menggunakan waktu dan tenaga lebih efektif dan efisien.
·         Produksi pupuk buatan dapat membantu menyuburkan tanah, demikian juga dengan produksi pestisida dapat memungkinkan pemberantasan hama lebih berhasil, sehingga produksi pangan dapat ditingkatkan.
·         Tenik-teknik pemuliaan dapat meningkatkan produksi pangan. Dengan teknik pemuliaan yang semakin canggih dapat ditemukan bibit unggul jenis padi VUTW (Variates Unggul Tahan Wereng), kelapa hibrida, ayam ras, ayam broiler, sapi perah dan bermacam-macam jenis unggul lainnya.
·         Teknik mutasi buatan dapt menghasilkan buah-buahan dan besar tidak berbiji.
·         Teknologi pengolahan pascapanen, seperti pengalengan ikan, buah-buahan, daging, dan teknik pengolahan lainnya.
·         Budi daya hewan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan manusia.

2.      Dalam Bidang Kedokteran dan Kesehatan
Dengan hasilnya manusia menciptakan alat-alat operasi mutakhir, bermacam-macam obat, penggunaan benda radio aktif untuk pengobatan dan mendiagnosis berbagai penyakit, sehingga berbagai penyakit dapat dengan segera disembuhkan. Dan dapat menurunkan angka kematian dan moralitas. Contoh obat yang mengandung unsur radioaktif adalah isoniazid yang mengandung c radioaktif, sangat efektif dan menyembuhkan penyakit TBC.
3.      Dalam Bidang Telekomunikasi
Manusia telah menbuat televise, radio, telepon yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan cepat dalam waktu yang singkat manusia dapat memperoleh informasi dari dari daerah yang sangat jauh, sehingga pengguanaan waktu sangat efisien.
4.      Dalam bidang Pertahanan dan Keamanan
Manusia telah mampu menciptakan alat atau persenjataan yang sangat canggih, sehingga dapat mempertahankan keamanan wilayahnya dengan baik.

C.     Perkembangan IPTEK dalam Pembangunan dan Lingkungan
a.       Pengembangan IPTEK dalam Pertimbangan Nilai Etis dan Religious
Pengembangan teknologi mengenai perilaku manusia mngakibatkan munculnya masalah-masalah etis dan religious, misalnya saja pada kaitannya dengan etika, seperti pemahaman tingkah laku manusia demi tujuan ekonomi dengan untung lebih banyak menyebabkan penggunaan media massa untuk mengatur tingkah laku dalam arti selalu mengikuti mode yang sedang trend, sedangkan dalam kaitannya dengan religi, berbagai media hasil tekhnologi yang menampilkan kebudayaan yang bertentangan dengan  nilai agama menjadi dampak negatifnya.
Sains dan tekhnologi adalah sesuatu yang berdiri sendiri, demikian pula halnya dengan religi dan yang menjadi perekat keterhubungan keduanya adalah etika.


Mengembangkan nilai- budaya iptek pada dasarnya adalah nilai dan melakukan transformasi dari masyarakat berbudaya tradisional menjadi masyarakat yang berpikir analitis kritis dan berketerampilan iptek dengan tetap menjunjung/memelihara nilai-nilai agama, keimanan, dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta nilai-nilai luhur budaya bangsa
Manusia sebagai makhluk yang berakal budi tidak henti-hentinya mengembangkan pengetahuannya. Akibatnya teknologi berkembang sangat cepat dan tidak terbendung seperti tampak dalam teknologi persenjataan, computer informasi, kedokteran, biologi dan pangan. Kemajuan teknologi tersebut bila tidak disertai dengan nilai etika akan menghancurkan hidup manusia sendiri seperti terbukti dengan perang Irak, pemanasan global, daya tahan manusia yang semakin rendah, pemiskinan sebagian penduduk dunia, makin cepat habisnya sumber alam, rusaknya ekologi, dan ketidakadilan. Pertanyaan yang secara etis dan kritis harus diajukan adalah, apakah teknologi yang kita kembangkan sungguh demi kebahagiaan manusia secara menyeluruh? “Nilai kemanusiaan” sebagai salah satu nilai etika perlu ditaati dalam mengembangkan teknologi.
Sekarang umat manusia menghadapi masalah-masalah yang sangat serius, yang menyangkut teknologi dan dampaknya pada lingkungan. Kenyataan ini memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang mendasar tentang etika:
§  Norma-norma etika (dan agama) yang seperti apakah yang harus kita patuhi dalam penelitian di bidang bioteknologi, fisika nuklir dan zarah keunsuran, serta astronomi dan astrofisika?
§  Dalam penelitian kedokteran dan genetika, apakah arti kehidupan?
§  Dalam penelitian dampak teknologi terhadap lingkungan, bagaimana seharusnya hubungan manusia dengan alam, baik yang nirnyawa(the inanimate world) maupun yang bernyawa.
§  Apakah masyarakat yang baik itu, dan dapatkah dikembangkan pengertian yang universal tentang kebaikan bersama yang melampaui individualisme, nasionalisme, dan bahkan antroposentrisme?


Dalam bioteknologi (termasuk rekayasa genetika) dan kedokteran, pertanyaan tentang arti, mulai dan berakhirnya kehidupan sangat penad (relevant). Apakah orang yang berada dalam keadaan koma dan fungsi faal serta metabolismenya harus dipertahankan dengan alat-alat kedokteran elektronik dalam jangka panjang yang tidak tertentu masih mempunyai kehidupan yang berarti ? Tak bolehkah ia minta (misalnya sebelum terlelap dalam keadaan seperti itu), atau diberi, euthanasia berdasarkan informed consent dari keluarganya yang paling dekat? Ini mengacu ke arti dan berakhirnya kehidupan. Mulainya kehidupan, penting untuk diketahui atau ditetapkan (dengan pertimbangan ilmu dan agama) untuk menentukan etis dan tidaknya menstrual regulation (“MR”) dan aborsi, terutama dalam hal indikasi medis dari risiko bagi ovum yang telah dibuahi dan terlebih-lebih lagi bagi ibunya, kurang meyakinkan.
b.      Keseimbangan IPTEK dalam Pembangunan dan Lingkungan
IPTEK dalam kehidupan manusia memanglah telah membawa perubahan yang sangat besar. Karenanya kini semua dapat terfasilitasi dengan lebih mudah dan modern. Namun walau pengaplikasiaannya mendatangkan kemajuan bagi kehidupan masyrakat tetap saja harus mempertimbangkan segala entitas yang ada dalam lingkungan diluarnya. Pengaplikasian IPTEK harus sesuai dengan peraturan yang ada dan memperhatikan segala dampak buruk yang dapat ditimbulkan bagi manusia sebagai pengaplikasinya ataupun dengan lingkungan sebagai area pengaplikasiaannya. Semua harus berjalan dengan seimbang. Kemajuan IPTEk tetap harus diimbangi dengan pemeliharaan keseimbangan dan kelstarian lingkungan. Sesungguhnya pengembangan IPTEK yang menghasilkan kemajuan jika dibarengi dengan pemanfaatannya bagi peningkatan kelestarian dan pemeliharaan lingkungan akan lebih membawa kemaslahatan bagi kemajuan umat manusia dalam kehidupan bangsa sehingga pembangunan yang terencana pun dapat terealisasi dengan baik dan sempurna.

c.       Pengembangan IPTEK dalam Pembangunan
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bergerak cepat, sehingga perlu ditanggapi dan dipersiapkan dalam menghadapinya sesuai kebutuhan bangunan. Teknologi dapat membawa bencana, sebaliknya juga telah terbukti bahwa bagi mereka yang dapat memanfaatkannya, teknologi tersebut dapat menolong mereka dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
Perkembangan IPTEK dapat mendatangkan kemakmuran materi, adanya perkembangan IPTEK menimbulkan cabang-cabang ilmu pengetahuan yang dapat membantu pembangunan suatu Negara menjadi lebih maju, perkembangan  biotekhnologi dapat menentukan jenis tanah, mengetahui syarat tumbuh tanaman, ditemukannya serat sintetis, berkembangnya alat-alat elektronika, media massa komunikasi yang canggih, dan lain-lain.
Oleh karena itu, penggunaan produk IPTEK yang semakin berkembang hendaknya memiliki keseimbangan dengan kondisi pembangunan dan lingkungan sehingga tujuan utama dari IPTEK tersebut dapat tercapai.

D.    Penyalahgunaan IPTEK, Perkembangan IPTEK, dan Eksploitasi Negara-negara Berkembang.
1.      Penyalahgunaan IPTEK
a.       Dampak penyalahgunaan IPTEK terhadap Kebutuhan Pokok Manusia
·         Pemakaian pestisida dapat membunuh hewan ternak, meracuni hasil panen, dan meracuni manusia.
·         Bahan berupa polimes sintesis atau plastik yang tidak bisa hancur menyebabkan pencemaran tanah sehingga mengurangi kesuburan tanah, bila dibakar dapat menipiskan lapisan ozon.
·         Dengan teknologi modern, hutan-hutan digunduli untuk membuka lahan perumahan, perkantoran, dan lain-lain.
b.      Dampak Penyalahgunaan SDA
·         Penggunaan batubara, minyak bumi secara terus menerus lama kelamaan akan punah.
·         Penyaringan air yang tidak sempurna lambat laun akan mengurangi dan menurunkan kualitas jumlah air bersih.
·         SDA seperti hutan dan hewan jika digunakan secara berlebihan akan membahayakan manusia.

c.       Dampak Penyalahgunaan SDM
·         Semakin meningkatnya pengangguran akibat menipisnya lapangan pekerjaan.
·         Munculnya pencemaran yang disebabkan zat radioaktif yang beracun baik pada tanah, air, dan udara yang dapat mengancam kelangsungan hidup manusia.
·         Teknologi dapat mematikan imajinasi dan perasaan dan kejiwaan manusia.
d.      Dampak Penyalahgunaan IPTEK terhadap Komunikasi dan Teknologi
·         Terjadi pencemaran udara dan suara\
·         Berkurangnya lahan pertanian karena digunakan untuk mengolah lahan transportasi
·         Jika kemajuan IPTEK dikuasai oleh orang yang tidak bertanggung jawab akan muncul kehancuran di muka bumi.
e.       Dampak Penyalahgunaan IPTEK terhadap Kesehatan
·         Kanker, akibat pencemaran udara, penggunaan kimia, dan penggunaan sinar x yang tidak tepat.
·         Absestos diderita oleh karyawan pabrik akibat debu Oksida Silikon.
·         Terologi (kelainan bentuk) akibat penggunaan obat penenang oleh wanita hamil sehingga anak yang dilahirkan mengalami kelainan bentuk.
f.       Dampak Penyalahgunaan IPTEK dalam Pencapaian Kemakmuran dan Pelunasan Kemudahan
·         Negara yang menguasai IPTEK lebih mudah memperoleh kemakmuran dibandingkan negara yang kurang menguasai IPTEK.
·         Penerapan teknik nuklir yang dikembangkan negara adikuasa untuk membuat senjata mutakhir menimbulkan kegelisahan karena mengancam perdamaian dunia
·         Hubungan yang tidak serasi antara sistem produksi, ekonomi, dan sistem ekologi sehingga terjadi pemakaian SDA secara berlebihan dan kurangnya pemanfaatan SDM yang melimpah akibatnya ada masyarakat yang menguasai produksi dan ada yang memerlukan pekerjaan.
·         Tujuan manusia yang semula memanfaatkan IPTEK untuk mensejahterakan masyarakat ternyata mengakibatkan pemusatan kekuasaan terhadap alam dan akhirnya menguasai manusia.
2.      Perkembangan IPTEK dan Eksploitasi Negara-negara Berkembang
Suatu Negara yang menguasai IPTEK akan lebih mudah memperoleh kemakmuran materi dibandingkan Negara yang kurang menguasai IPTEK. Jadi, Negara berkembang yang memiliki baan baku berperan sebagai konsumen dari barangnya sendiri yang telah diolah menjadi barang siap pakai. Disinilah tekhnologi mengeksploitasi negara-negara berkembang.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Pada hakekatnya manusia secara kodrati bersifat sebagai makhluk individu sekaligus makhluk sosial. Dikatakan sebagai makhluk individu karena setiap manusia berbeda-beda dengan manusia yang lain dalam hal kepribadian, pola pikir, kelebihan, kekurangan dan kreatifitas untuk mencapai cita-cita. Sehingga sebagai pribadi-pribadi yang khas tersebut manusia berusaha mengeluarkan segala potensi yang ada pada dirinya dengan cara menciptakan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa bantuan orang lain. Potensi-potensi manusia sebagai makhluk individu dapat dituangkan dalam sains, dan teknologi. Baik sains, teknologi  dan hasil produknya dapat dirasakan disetiap aspek kehidupan manusia. Sehingga pengaruh sains dan teknologi bagi manusia dalam masyarakat dapat berpengaruh baik secara negatif maupun secara positif.
Oleh karena itu agar sains dan teknologi dapat memberikan pengaruh yang positif bagi manusia, maka sains dan  teknologi seharusnya mampu mengkolaborasikan antara nilai-nilai empiris dengan nilai-nilai moral dan menyesuaikan dengan nilai-nilai religius, keagamaan, dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
B.     Saran
1.      Perkembangan teknologi yang melanda hidup manusia harus dikuasai pemanfaatannya. Jangan sampai perkembangan media menjadikan manusia sebagai objek, menyeret dan memaksanya pada kehidupan yang menyimpang.
2.      Sains dan teknologi harus memberikan pengaruh yang baik, karena kasus yang terjadi sains dan teknologi ini dikembangkan untuk memenuhi kesenangan-kesenangan materi dan mengorbankan alam semesta.
3.      Perubahan gaya hidup yang ditiru dan budaya asing bisa berkelanjutan dengan timbulnya gejala keterasingan dan kebudayaan sendiri.

DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Abu dan H, A. Supatmo. 1998. Ilmu Almiah Dasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Maskoeri, Jasin. 2005. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Setiadi, Elly M. dkk., 2006. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Suratman. 2010. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Malang: Intimedia

1 komentar:

  1. hay,,. nama saya try., salam kenal.,
    trimakasih sudah berbagi ilmu., artikenya sangat bermanfaat ,blognya juga keren ., good luck ya...

    oh iya kalau ada waktu jangan lupa mampir di Tugas dan Materi Kuliah. saya juga punya pembahasan mengenai Manusia,sains,teknologi kalau berminat silahkan lihat Makalah ISBD 'Manusia,sains,teknologi & seni siapa tahu bisa bermanfaat.

    BalasHapus